Korem 074/Warastratama gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 110 Tahun 2018

Korem 074/Warastratama gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 110 Tahun 2018

Senin, 21 Mei 2018 09:45 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Pelaksana harian Kepala Staf Korem 074/Warastratama Letkol Inf Murdjoko, S.Sos, M.Si  bertindak selaku Inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari kebangkitan Nasional ke 110 tahun 2018, bertempat di lapangan Upacara Makorem 074/Warastratama, Senin (21/5).  Untuk yang bertugas sebagai perangkat upacara yaitu personel dari Denkesyah 04.04.04 Surakarta. Upacara ini diikuti oleh segenap Prajurit dan PNS Korem 074/Warastratama dan jajarannya.

Setiap tanggal 20 Mei, bangsa kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Kebangkitan nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bapak Rudiantara yang dibacakan oleh Plh Kasrem 074/Wrt menyampaikan bahwa Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan. Presiden Pertama dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 1952 mengatakan bahwa: “Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ‘idee’, satu naluri pokok daripada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan  sebagai  bangsa.  Cara baru  itu  ialah  cara  mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan perhimpunan politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan.”

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini mengambil thema  “Pembangunan Sumber daya manusia memperkuat pondasi kebangkitan nasional Indonesia dalam Era Digital.” Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018, ini harus dimaknai dengan upaya- upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak,   baik   oleh   pemerintah,   badan   usaha,   maupun   masyarakat   sendiri. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama- sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda