BI Cabang Surakarta Sosialisasikan Cinta Rupiah di Korem 074/Warastratama

BI Cabang Surakarta Sosialisasikan Cinta Rupiah di Korem 074/Warastratama

Senin, 9 Juli 2018 15:00 WIB Publikasi penrem074/Wrt

Sebanyak 200 personel Korem 074/Warastratama dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro mengikuti sosialisasi cinta rupiah dan cara memberlakukan uang. Kegiatan  bertema” Cinta Rupiah, Bela Negara Tanpa Senjata” itu   dipimpin Plh Kas­rem 074/Warastratama, Letkol  Inf Murdjoko, S.Sos, M.Si di Aula Makorem 074/Warastratama, Senin (9/7/2018)

Dalam sambutan Danrem 074/Warastratama, Ko­lo­nel Inf Widi Prasetijono  yang dibacakan Plh Kasrem 074/Warastratama menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya  kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pe­ma­haman dan penget­a­huan para prajurit khususnya me­ngenai materi  meliputi uang NKRI, ciri-ciri ke­asliannya,  unsur pengaman uang, proses penang­gu­langan uang palsu, modus pengedaran uang palsu dan ketentuan penggan­tian uang rusak di Bank Indonesia serta layanan infor­masi, se­hingga timbul budaya cinta rupiah.

Danrem mengapresiasi langkah BI dalam menyampaikan sosialisasi mengenai uang. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting bagi prajurit TNI dan masyarakat. Karena nanti prajurit bisa semakin paham mengenai uang. Termasuk cara memberlakukannya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Perwakilan BI Cabang Surakarta Bapak Bandoe Widiarto menjelaskan, cara memberlakukan uang rupiah menjadi bagian dalam membela negara. Dengan memperlakukan uang rupiah secara benar, maka juga ikut dalam upaya membela negara.

Kegiatan ini sekaligus memberikan penjelasan mengenai bagaimana membedakan uang asli dan palsu. Tujuannya adalah menekan peredaran uang palsu. “Kegiatan ini sekaligus untuk memberikan pemahaman agar uang tidak dilipat, diremas, dibasahi, distaples dan tidak dicoret,” terangnya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Cabang Solo menilai, sosialisasi semacam ini sangat penting, mengingat keberadaan TNI tersebar hingga ke pedesaan. Dengan adanya pemahaman ini, anggota TNI seperti Babinsa bisa menyebarkannya ke warga desa. “Selain itu setiap ada kesempatan, anggota TNI bisa menyampaikannya kembali kepada masyarakat,” tandasnya.

 

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda