Korem 074/Warastratama-TSTJ Kerjasama Konservasi dan Edukasi

Korem 074/Warastratama-TSTJ Kerjasama Konservasi dan Edukasi

Jumat, 27 Juli 2018 15:50 WIB Publikasi Penrem 074/Wrt

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono didampingi para Dandim Jajaran Korem 074/Warastratama melaksanakan Mou dengan Pihak Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Kota Surakarta, Jumat (27/7/2018).  Kerjasama ini meliputi berbagai hal dalam pengembangan Perusda TSTJ sebagai lembaga konservasi dan edukasi sehingga kawasan TSTJ dapat semakin indah dan nyaman bagi pengunjung. Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan target pariwisata nasional 2018 dalam pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus).

“Taman Satwa Taru Jurug sebagai lembaga konservasi memiliki kesamaan dengan berbagai kegiatan yang dimiliki Korem. Seperti penghijauan, tentunya dengan pemilihan kualitas pohon yang baik,” ungkap Komandan Korem 074/Warastratama di sela penandatanganan kerjasama.

Lebih lanjut dikatakan Kolonel Inf Widi Prasetijono, bahwa sepatutnya masyarakat Eks Karesidenan Surakarta berbangga dengan adanya kebun binatang ini. Karena kebun binatang yang merupakan pindahan dari Bon Rojo Sriwedari ini merupakan salah satu icon pariwisata di Eks Karesidenan Surakarta.

“Ini kan tempatnya saja di Surakarta, tetapi ini milik masyarakat Eks Karesidenan Surakarta, nah bagaimana sekarang menumbuhkan rasa memiliki di masyarakat,” kata Danrem.

Usai penandatanganan kerjasama, Danrem beserta rombongan melaksanakan tur singkat di TSTJ guna mengetahui apa saja yang dibutuhkan di kebun binatang itu.

“Saya sempat melihat-lihat, banyak sekali yang bisa dilakukan, seperti perbaikan kandang, penghijauan, dan lainnya,” ujar Kolonel Inf Widi Prasetijono.

Terpisah, Dirut TSTJ, Bimo Wahyu Widodo mengatakan kerjasama ini akan berlangsung selama tiga tahun kedepan. Selain terbuka bagi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Korem, pihak TSTJ memberikan diskon khusus bagi anggota TNI dan keluarga untuk berkunjung ke taman di pinggir Bengawan Surakarta itu.

“Yang paling dekat kerjasama yang akan kita lakukan adalah pameran Alutsista yang akan dilaksanakan bulan September. Selain itu penghijauan, dan banyak yang lain,” pungkas Dirut TSTJ.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda