Danrem 074/Warastratama Tinjau Waduk Pidekso Wonogiri

Danrem 074/Warastratama Tinjau Waduk Pidekso Wonogiri

Senin, 6 Agustus 2018 15:51 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono beserta rombongan memastikan pelaksanaan pembangunan Proyek Skala Nasional (PSN) Waduk Pidekso  yang berada di Ds. Pidekso dan Ds. Tukulrejo Kec. Giriwoyo serta Ds. Sendangsari Kec. Batuwarno Kab. Wonogiri, Senin (6/8/2018). Karena diisukan pembuatan waduk ini bermasalah dan tidak jadi dibuat. Tapi  kenyataan dilapangan bahwa pembuatan waduk ini tetap dikerjakan. Dan rencananyapun groundbreakingnya akan dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo.

Adapun manfaat pembangunan Waduk Pidekso, di antaranya juga digambarkan sebagai tempat penampungan air yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan di musim kemarau. Hal ini dibutuhkan demi tersedianya air irigasi guna mempertahankan dan atau meningkatkan intensitas tanam dan produksi tanaman, penyediaan air baku, melakukan tindakan konservasi (sumber) air agar air hujan tidak terbuang ke sungai, serta sebagai tempat pariwisata.

Waduk Pidekso ini dibangun pada lahan ±332,39 Ha, yang direncanakan akan memiliki kapasitas 27.15 M³ dan dapat mengairi lahan seluas 1500 Ha, dengan debit air 0,30 m³ /detik. Besaran investasi dalam pembangunan Bendungan sebesar 450 milyar, berasal dari sumber dana APBN. Sebagai penanggung jawab dalam pembangunan proyek tersebut adalah Kementerian PUPR yang rencana dimulainya kontruksi pembangunan proyek bendungan pada tahun 2015 dan mulai operasi tahun 2018.

Saat kunjungan tersebut, Danrem disambut oleh  Bp Nur Eko A, Site Engineer Manager PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk yang menjadi Kontraktor pembuatan Waduk Pidekso. Selanjutnya Kolonel Inf Widi Prasetijono diberikan penjelasan tentang standar keamanan memasuki proyek pembuatan Waduk Pidekso oleh Bpk Ritus Setiyanto selaku Kepala Safety PP.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda