Danrem 074/Warastratama Tinjau Perbaikan Sumber Air Luweng Songo Wonogiri

Danrem 074/Warastratama Tinjau Perbaikan Sumber Air Luweng Songo Wonogiri

Rabu, 8 Agustus 2018 16:01 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Dengan berjalan kaki Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono melaksanakan pengecekan Sumber air Luweng Songo di Dusun Ngaluran Desa Sumberagung Kecamatan Pracimantoro, didampingi Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrruloh S. Sos., MH dan Forkopincam Pracimantoro, Rabu (8/8/2018). Tak hanya itu, Danrem juga memberikan bantuan untuk normalisasi sumber air bawah tanah tersebut yaitu  berupa dua unit mesin pompa air. Ini merupakan satu bentuk dukungan terhadap Pemkab Wonogiri dalam mengatasi masalah kekeringan di Wonogiri selatan khususnya Pracimantoro dengan memberikan solusi permanen.

Selain memberikan bantuan dua unit pompa air,  Danrem melihat secara langsung warga dan TNI yang sedang memperbaiki Luweng Songo ini. Setelah diperbaiki, Danrem juga melihat kinerja dengan satu pompa, yang hasilnya air dapat mengalir dengan jernih dan cepat. Dan diharapkan dengan menggunakan 2 pompa air, debit air akan semakin kencang yang mengalir ke tandon-tandon sehingga jangkauan desa yang dapat teraliri air bersih akan bertambah. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kekeringan pada musim kemarau agar warga masyarakat tidak kesulitan dalam mencari air bersih.

Kolonel Inf Widi Prasetijono menyampaikan bahwa Air merupakan sumber pokok kebutuhan masyarakat dalam menjalani kehidupan dan sudah sepatutnya di perhatikan oleh banyak kalangan terutama Pemerintah Daerah.  Sumber air Luweng Songo ini mengaliri air ke Dusun Mendak dan Dusun Bekagung Desa Petirsari serta Dusun Ngaluran Desa Sumberagung yang berjarak kurang lebih 4 km dari sumber air tersebut.

Pada kesempatan tersebut Danrem juga berbincang-bincang dengan masyarakat sekitar termasuk diantaranya Kepala Desa Sumberagung, Bpk Suyono yang menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari Danrem 074/Warastratama. Bpk Suyono menceritakan awal ditemukannya Luweng Songo pada 2008 silam. Konon, kali pertama masuk ke dalam luweng adalah sejumlah mahasiswa pecinta alam (Mapala). Hampir enam hari mereka didalam luweng tersebut, hingga akhirnya menemukan sumber mata air bawah tanah. “Debit air dari luweng itu diperkirakan 22 liter per detik,” jelas Kepala Desa Sumberagung .

Pengerjaan luweng ini  memakan waktu hampir enam bulan. “Setelah masa uji coba, akhirnya Luweng Songo beroperasi pada 2011 lalu. Sampai sekarang sudah mendapat bantuan dari beberapa instansi dan yang sekarang dari Danrem,” terangnya.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda