Latihan Posko I Korem 074/Warastratama “Siaga Warastratama”

Latihan Posko I Korem 074/Warastratama “Siaga Warastratama”

Selasa, 28 Agustus 2018 11:47 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Diselenggarakannnya kegiatan latihan Posko I Korem 074/Warastratama “Siaga Warastratama” ini adalah untuk meningkatkan kesiapan satuan dalam menghadapi setiap tugas yang diberikan komando termasuk salah satunya dalam penanganan bencana. Fenomena alam yang akhir-akhir ini sulit diperkirakan memungkinkan prajurit korem 074/Warastratama untuk selalu mengantisipasi adanya potensi kerawanan yang akan terjadi diwilayahnya. Bencana alam terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Hal inilah yang membuat semua pihak harus waspada dan siap siaga sebelumnya. Sifatnya hampir selalu spontan dan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu dalam kondisi darurat TNI harus bisa mengambil peran. Pangdam IV/Diponegoro meminta seluruh anggota Korem untuk bersiap diri sebagai langkah antisipasif menghadapi kondisi darurat untuk membantu masyarakat yang terkena bencana alam, dengan menggelar operasi bantuan kepada Pemda dalam mengatasi setiap Bencana alam.

Demikian Sambutan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto S.Sos., M.Si.,  yang dibacakan Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Amrin Ibrahim, S.IP.,pada acara briefing pembukaan Latihan Posko Korem 074/Wrt dalam operasi penanggulangan bencana alam, Selasa (28/8/2018)

Menurut Mayjen TNI Wuryanto S.Sos., M.Si., tugas pokok TNI selain perang adalah membantu penanggulangan Bencana alam. Satuan TNI perlu disiapkan dan dilatih agar dapat tanggap dan siap mengatasi bencana alam yang mungkin terjadi dimana saja dan kapan saja.

Pangdam IV/Diponegoro menegaskan bahwa penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas TNI melainkan tugas bersama. Oleh karena itu perlu sinergitas dan koordinasi yang baik antar instansi agar kegiatan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Itulah tujuan Latihan Posko ini, tak lain untuk melatih sinergitas dan koordinasi semua organisasi yang nantinya akan terlibat dalam penanggulangan bencana, baik itu instansi pemerintah maupun nonpemerintah.

Daerah yang secara organisasi dan fisik sudah siap menghadapi bencana, maka bencana apapun yang terjadi akan bisa tanggap dan diatasi dengan baik, pungkas Pangdam IV/Diponegoro.

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda