Peringatan HUT Ke 73 TNI Di Surakarta

Peringatan HUT Ke 73 TNI Di Surakarta

Jumat, 5 Oktober 2018 15:06 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Tentara Nasional Indonesia (TNI), merayakan ulang tahunnya yang ke 73. Perayaan ulang tahun TNI untuk wilayah Surakarta dilaksanakan di Lapangan Makorem 074/Warastratama, (5/10/2018). Upacara HUT ke 73 TNI tahun 2018 kali ini mengambil Tema “Profesionalisme TNI untuk Rakyat”. Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Plh. Kepala Staf Korem 074/Warastratama Letkol Inf Murdjoko, S.Sos, M.Si. Hadir pada kegiatan tersebut Para Kabalakdam IV/Diponegoro, Bapak Ibu Veteran Seroja, Bapak Ibu Guru SDN Kleco dan tamu undangan yang lain.

Selaras dengan Inti amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, bahwa Profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan. TNI juga turut serta dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda dalam misi Perserikatan Bangsa Bangsa ke berbagai negara sebagai bentuk partisipasi negara dalam mewujudkan perdamaian dunia. Kiprah TNI dalam berbagai bentuk penugasan baik di dalam maupun luar negeri, membentuk TNI menjadi postur yang disegan.

Dalam amanatnya juga disampaikan beberapa point instruksi Panglima TNI sebagai berikut : Pertama, perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan. Kedua, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa. Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti, menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI. Keempat, mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan, dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Janganlah terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan pemilu. Kelima, jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini.

Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan penyerahan Santunan dari Baznas/Pusbintal TNI kepada 40 orang Veteran dan Warakawuri, yang terdiri dari 14 orang Veteran dari kodim 0735/ Surakarta, 20 orang Veteran Seroja dari Kodim 0726/Sukoharjo dan 6 orang Warakawuri dari Lanud Adi Soemarmo serta dilaksanakan pemberian beasiswa kepada putra putri anggota Makorem 074/Warastratama yang berprestasi.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda