Bupati Sragen Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Reguler ke 103 Tahun 2018 di Kabupaten Sragen

Bupati Sragen Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Reguler ke 103 Tahun 2018 di Kabupaten Sragen

Senin, 15 Oktober 2018 14:08 WIB Publikasi Penrem 074

Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke 103 tahun 2018 hari ini resmi dibuka oleh Bupati Sragen dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Lapangan Desa Sukorejo, Sambirejo, Kabupaten Sragen, Senin (15/10/2018).

Tampak hadir pada upacara tersebut Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Ahmad Luthfi, Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono, para Asisten Kasdam IV/Diponegoro dan Forkopimda Kab. Sragen.

Dalam pelaksanaan Upacara Pembukaan TMMD Reguler ke 103 tahun 2018 ini, Bupati Sragen membukanya dengan menyerahkan alat kerja secara simbolis, penandatanganan naskah MoU program TMMD ke 103 dan penyerahan pekerjaan kepada Dansatgas TMMD Reguler ke 103 / Dandim 0725/Sragen, serta pemukulan kentongan.

“Maturnuwun dan apresiasinya, TMMD kembali dan terus digulirkan. Melalui TMMD, bersama kita merawat gotong royong, memacu kreatifitas dan prakarsa masyarakat untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat desa. Ayo, bareng-bareng, lan keroyokan mbangun Desa agar maju dan sejahtera,” demikian amanat Gubernur Jateng yang dibacakan oleh Bupati Sragen.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P berharap  pembangunan  fisik dan non fisik di desa dapat merata berkat program TMMD ini.

“Progam ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Pada tahun 2018 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencapai kinerja tertinggi dalam penurunan kemiskinan, yaitu dari 13,01% di tahun 2017 menjadi 11,32% di tahun 2018. Namun demikian, angkanya belum terlalu signifikan,” ungkap Gubernur Jateng.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Gubernur Jateng selalu merasa bangga, karena TMMD sangat intens mengedukasi masyarakat akan nilai Pancasila.

“Saya menangkap semangat dari deşa untuk siap memperkuat benteng perlindungan dan perlawanan terhadap aksi-aksi yang mengancam NKRI seperti aksi radikalisme, terorisme dan narkoba. Semangat yang harus bisa dirawat dan diviralkan kepada seluruh warga bangsa Indonesia. Untuk itu, mari kita sengkuyung program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa ini. Bangun desa dengan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokalnya” pungkas Gubernur Jateng.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan Kegiatan Irigasi Perpompaan kepada kelompok tani dan kelompok usaha bersama masyarakat Kabupaten Sragen serta peletakan batu pertama di pengecoran jalan dan pengecekan sasaran TMMD yang lain.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda