Kasiter Korem 074/Warastratama Hadiri Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara Sesko TNI Dengan UNS

Kasiter Korem 074/Warastratama Hadiri Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara Sesko TNI Dengan UNS

Kamis, 18 Oktober 2018 15:38 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) menggandeng Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama antara kedua institusi ini dikukuhkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman kerjasama antar Sekolah Staf Komando TNI dan Universitas Sebelas Maret di ruang sidang I Gedung Pusat UNS Jln Ir Sutami No. 36 A Kentingan Jebres Surakarta, Kamis (18/10/2018).

Di piagam Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Direktur Kerjasama Akademik Sesko TNI Marsma TNI Firdaus Syamsudin, S.I.P. dan dari pihak UNS Wakil Rektor Bidang perencanaan dan kerjasama Prof. Dr. Widodo Muktiyo.

Dalam Mou sepakat mengadakan kerjasama dan saling menunjang dalam pelaksanaan tugas kedua belah pihak sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing masing.  Kerjasama akan berlaku untuk jangka waktu 5 (Lima) tahun sejak piagam kejasama ini di tandatangani tgl 18 Oktober 2018 dan dapat di perpanjang dengan persetujuan kedua belah pihak.

Pada kesempatan tersebut Direktur Kerjasama Akademik Sesko TNI Marsma TNI Firdaus Syamsudin, S.I.P. mengatakan lembaga pendidikan tertinggi TNI mempunyai visi membentuk Perwira TNI yang handal, professional dan proporsional dan Sesko TNI bertugas sebagai penyelenggara pendidikan karier tertinggi TNI, melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin maupun pendidikan serta latihan Tentara Nasional Indonesia.

“Dipilihnya Universitas Sebelas Maret sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan ini karena beberapa hal diantara Universitas Sebelas Maret telah memiliki akreditasi A, selain itu hal yang terpenting adalah bahwa dosen-dosen UNS ¬†tentu telah memiliki kompetensi dan kepakaran yang tidak diragukan lagi, untuk itulah Sesko TNI berharap dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan keuntungan dan kemajuan kepada kedua institusi,”jelasnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Widodo Muktiyo menyampaikan UNS merupakan Universitas yang telah berdiri sejak 11 Maret 1976 memiliki prestasi gemilang dalam pengelolaan pendidikan dan telah memiliki nilai Akreditasi A. UNS merupakan peringkat 155 dunia dan peringkat 8 di Indonesia sebagai Green Campus versi UI Grenmetric. Terkait hal tersebut untuk meningkatkan sumber daya manusia yang visioner maka di ambil langkah proaktif dengan menjalin kerja sama dengan Sesko TNI. Berharap perjanjian ini sebagai payung hukum untuk menyelenggarakan pendidikan bersama. Dan semoga memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam menyiapkan para kader pemimpin di masa yang akan datang.

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda