Diklat Kesemaptaan Dan Wawasan Kebangsaan Guru Dan Karyawan SMK N 2 Surakarta Di Korem 074/Warastratama

Diklat Kesemaptaan Dan Wawasan Kebangsaan Guru Dan Karyawan SMK N 2 Surakarta Di Korem 074/Warastratama

Jumat, 28 Desember 2018 16:15 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Guna meningkatkan dan menambah wawasan kebangsaan bagi guru dan Karyawan SMKN 2 Surakarta, maka diadakan  Diklat kebangsaan yang bertempat di Makorem 074/Warastratama, Jum’at (28/12/18).

Dalam sambutan Komandan Korem 074/Warastratama Brigjen TNI Widi Prasetijono yang dibacakan Kasi Pers Rem 074/Warastratama Letkol Inf Eko Juniarto menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Diklat ini adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme, jiwa korsa dan cinta tanah air para tenaga pendidik yang dapat ditularkan kepada anak didiknya. Upaya ini penting diberikan kepada tenaga pendidik karena saat ini banyak generasi muda yang cenderung mengikuti budaya luar yang keluar dari norma dan adat istiadat bangsa sehingga peran tenaga pendidik juga menjadi perhatian. Maraknya kasus narkoba, korupsi, kekerasan dan anarkhisme serta berbagai kasus lain menjadi cermin dari lemahnya nilai-nilai kebangsaan di Negara Indonesia. Oleh karena itu diperlukan upaya yang ampuh untuk membangkitkan semangat nasionalisme melalui keteladanan, pendidikan dan komunikasi. Melalui kegiatan Diklat ini diharapkan tenaga pendidik selaku fasilitator mampu memberikan pemahaman tentang kebangsaan kepada siswanya melalui pendidikan di sekolah sehingga dapat terbentuk jiwa anak didik yang bangga bertanah air Indonesia dan mampu berkarya untuk bangsa.

Lebih lanjut Danrem  mengajak kepada para peserta Diklat, untuk bersama-sama membentengi siswa didik dari ancaman berbagai paham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melakukan proses pembelajaran yang melahirkan siswa didik yang saling menghargai, saling menolong dan memiliki budi pekerti yang luhur. Mengajak orang tua dan tokoh masyarakat untuk aktif melakukan pengawasan terhadap anak agar tidak terkena pengaruh buruk paham atau ideologi intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Guna meningkatkan rasa kebersamaan dan kompetensi yang diperlukan, peserta Diklat diberikan materi PBB, Kepemimpinan, Wawasan Kebangsaan, Etika, Loyalitas dan estetika serta kesamaptaan. Pembicara atau fasilitator kegiatan ini berasal dari Korem 074/Warastratama.    Diklat kebangsaan diselenggarakan kerjasama antara Korem 074/Warastratama dengan SMKN 2 Surakarta, kegiatan tersebut diikuti 250 peserta yang merupakan guru dan Karyawan SMKN 2 Surakarta.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda