Penutupan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 Korem 074/Warastratama

Penutupan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 Korem 074/Warastratama

Minggu, 10 Februari 2019 11:30 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rafael Granada Baay menutup Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 di Lapangan Manahan Surakarta, Minggu (10/2/2019). Kegiatan latihan dimulai pada tanggal 30 Januari 2019 lalu  hingga penutupan pada hari ini, dengan beberapa materi latihan diantaranya materi UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, teritorial, prosedur pengerahan pasukan dan penanganan Rusuh massa, tactical floor game, hingga simulasi drill taktis penanggulangan rusuh massa dan aplikasi pengamanan Pemilu.

Pada kesempatan tersebut Danrem membacakan amanat tertulis Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M.  yang  menjelaskan tentang Tupoksi TNI sesuai yang tercantum dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Tugas Pokok TNI sesuai Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Salah satu dari tugas pokok tersebut, mengamanatkan TNI untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam menangani kerusuhan sosial, menjaga stabilitas keamanan di wilayah serta menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman disintegrasi bangsa dan ancaman lainnya yang dapat mengganggu jalannya pelaksanaan Pemilu 2019.

“Oleh karena itu, setelah Latihan ini Prajurit TNI di wilayah Kodam IV/Diponegoro dituntut mampu setiap saat melaksanakan tugas perbantuan tersebut secara profesional, berhasil dan berdaya guna,” ujar pangdam IV/Diponegoro.

Diakhir amanat Mayor Jenderal TNI  Mochamad Effendi, S.E., M.M.  berharap seluruh peserta latihan mampu memahami teknik, prosedur, mekanisme dan sistem komando pengendalian untuk menunjang koordinasi dan kerjasama dengan seluruh unsur terkait di wilayah masing-masing sehingga dapat terwujud sinergitas antar instansi dalam pengamanan Pemilu 2019.

 

 

 

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda