Pentas Tarian Topeng Ireng di Penutupan TMMD Klaten Memukau Tamu Undangan Dan Warga

Pentas Tarian Topeng Ireng di Penutupan TMMD Klaten Memukau Tamu Undangan Dan Warga

Kamis, 8 Agustus 2019 14:27 WIB Publikasi Penrem074/Wrt
Di sela-sela upacara penutupan TMMD Reguler 105 Kodim 0723/Klaten yang ditutup secara resmi oleh Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rafael Granada Baay, ditampilkan Pentas seni Jatilan Slogo Dinowo yang menampilkan Tarian Topeng Ireng dari Kemalang, Kamis (8/8/2019). Pentas seni ini benar-benar memukau hadirin tamu undangan yang hadir di upacara penutupan TMMD Reguler 105 Kodim 0723/Klaten tersebut.
Cukup bisa dimaklumi, persiapan cukup matang dilakukan untuk mementaskan tarian topeng ireng ini , dari sanggar Jatilan Slogo Dinowo Kemalang pimpinan Bapak Siswanto itu dilakukan sekitar 1 bulan lebih.
Kesenian Topeng Ireng mulai berkembang di tengah masyarakat lereng Merapi Merbabu sejak zaman penjajahan Belanda dan dilanjutkan perkembangannya tahun 1960-an.
Menurut Bapak Siswanto, pertunjukan karya seni tersebut merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan sekaligus mengangkat seni budaya jawa kepada anak muda dan seluruh tamu undangan.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Komsos Kreatif Korem 074/Warastratama

Lomba Komsos Kreatif bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara TNI dengan rakyat, dalam hal ini kepada para generasi muda melalui ajang lomba pemusik jalanan dan lomba tari kreasi perjuangan. Hal ini disampaikan oleh Kasrem 074/Warastratama Letkol Inf Yudi Purwanto, S.M mewakili…

28 Agustus 2019 15:22

Kodim Sragen Gelar Lomba PBB Pelajar SLTA Se Kabupaten, “Disiplin Terhadap Aturan Merupakan Nafas Generasi Muda Bangsa Yang Pancasilais.”

Sudah 2 hari lapangan Makodim 0725/Sragen dipenuhi oleh ratusan pelajar berpakaian putih abu. Mereka adalah peserta lomba PBB dari SLTA se sragen, mereka datang ke Makodim untuk megikuti lomba PBB yang digelar kodim dalam rangka Hut RI ke-74. Lomba PBB…

22 Agustus 2019 11:59

Polresta Surakarta Gelar Acara Pisah Sambut Kapolresta Surakarta

Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rafael Granada Baay didampingi Ibu Lisa Rafael Granada Baay menghadiri acara Pisah Sambut Kapolresta Surakarta dari Kombespol Ribut Hari Wibowo, S.H., S.I.K kepada Ajun Komisaris Besar Pol Andi Rifai, S.I.K., M.H di Pendhapi Gedhe Komplek Balaikota…

22 Agustus 2019 11:52

Danrem 074/Warastratama Terima Kunjungan Kapuslitbang Strahan Kemhan RI

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Rafael Granada Baay menerima kunjungan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Strategi Pertahanan Balitbang Kementerian Pertahanan RI (Kapuslitbang Strahan Kemhan RI) Laksamana Pertama TNI Arif Harnanto, S.T., M. Eng beserta rombongan di Ruang Rapat Makorem 074/Warastratama,…

21 Agustus 2019 14:46

Berikan Tanggapan Anda