Danrem 074/Warastratama Dan Elemen Masyarakat Surakarta  Hadiri Deklarasi Tolak Demo Anarkis

Danrem 074/Warastratama Dan Elemen Masyarakat Surakarta Hadiri Deklarasi Tolak Demo Anarkis

Senin, 19 Oktober 2020 14:10 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rano Tilaar menghadiri acara Deklarasi Damai Menolak Segala Bentuk Anarkis dan Kekerasan, serta Kerusuhan Dalam Menyampaikan Pendapat di Muka Umum, bertempat di Pendapi Gedhe Balai Kota Surakarta, Senin (19/10/2020).

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Kapolresta Surakarta Kombespol Ade S. Simanjutak, Dandim 0735/Ska Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, SE. MDS, Ketua DPRD Surakarta Budi Prasetyo, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Surakarta, Ormas dan tokoh masyarakat lainnya.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengajak semua elemen warga masyarakat Kota Surakarta ikut menjaga semua aset-aset pemerintah dan milik daerah dari tindakan-tindakan yang anarkis, radikalisme, premanisme, dan intoleran.

“Saya menilai jika hanya TNI dan Polri saja tidak cukup, tetapi peran semua elemen masyarakat ikut menjaga keamanan dari tindakan anarkis sangat dibutuhkan,” kata Walikota.

FX Hadi Rudyatmo juga mengingatkan kembali kepada warga masyarakat Surakarta yang ingin menyampaikan pendapatnya baik kepada Pemerintah Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, maupun pemerintah pusat, ke lembaga atau elemen lainnya di kota.

“Saya tetap menyampaikan dengan hormat kepada siapa saja yang ingin menyampaikan pendapat silakan datang ke Balai Kota Surakarta, dengan cara musyawarah mufakat pasti akan ditemui, yang penting penyampaian pendapat itu ada solusinya. Jika menyampaikan soal UU pasti aspirasi akan dikirimkan ke pemerintah Pusat,” kata Walikota.

Sementara itu, Kapolresta Surakarta menyampaikan, deklarasi seperti ini sangat penting untuk menyamakan visi serta persepsi, agar penyampaian pendapat di muka umum dapat dilakukan dengan asas berimbang antara hak dan kewajiban serta bertanggung jawab dan mengutamakan musyawarah untuk mufakat.

“Untuk antisipasi beberapa kejadian demo berujung anarkis di beberapa daerah, maka semua  elemen masyarakat di Kota Surakarta menggelar deklarasi damai. Guna antisipasi kejadian anarkis saat ada unjuk rasa,” kata Kapolresta.

Kapolresta menambahkan penyampaian aspirasi masyarakat itu ada aturannya, selain hak, juga ada kewajiban yang harus dilakukan.  Dilarang menyampaikan aspirasi dengan cara-cara anarkisme, karena anarkisme sudah masuk di ranah pidana.

“Kami menolak cara-cara penyampaian aspirasi dengan cara kekerasan dan anarkisme, karena pasti ada penunggang gelap dalam anarkisme,” pungkas Kapolresta.

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda