Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi, Danrem 074/Warastratama Bacakan Amanat Kapolri

Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi, Danrem 074/Warastratama Bacakan Amanat Kapolri

Senin, 21 Desember 2020 14:36 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Untuk kali pertama, apel gelar pasukan Ops Lilin Candi menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 digelar bukan di Polres Sragen. Namun dihelat di lapangan Markas Yonif Raider 408/Suhbrastha Sragen dan dipimpin langsung oleh Komandan Korem 074 Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar, Senin (21/12/2020).

Dari apel tersebut, sebanyak 752 personel disiapkan untuk Operasi Lilin Candi 2020 dan Tahun Baru 2021 di Kabupaten Sragen. Sebelum Apel Operasi Candi 2020 dilakukan pengecekan personil TNI-Polri maupun instansi lainnya dan sarpras yang akan digunakan.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si  yang dibacakan Danrem 074/Wrt Kolonel Inf Rano Tilaar mengatakan bahwa Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin2020” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

“ Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian,“ ujar Danrem.

Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dll.

Menurut Danrem, Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

“Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19 yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,“ imbuh Kolonel Inf Rano Tilaar.

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda