Danrem 074/Warastratama Menanam Pohon di Lahan Perhutani Sragen

Danrem 074/Warastratama Menanam Pohon di Lahan Perhutani Sragen

Senin, 22 Februari 2021 14:27 WIB Tak Berkategori Penrem074/Wrt

Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar melaksanakan penanaman pohon di Lahan milik Perhutani di Desa Dawung, Kec. Jenar, Kab. Sragen, Minggu (21/02/2021).

Kegiatan penanaman pohon buah-buahan di lahan tersebut diawali oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari dan Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi.

Lahan seluas sekitar 5.200 hektare (ha) milik Perhutani di wilayah Sragen tersebut disiapkan sebagaimana sentra tanaman buah, khususnya alpukat dan kelengkeng. Sekitar 5.200 ha lahan itu terdiri atas 4.500 ha di wilayah Tangen dan juga Jenar serta sekitar 700 ha di tepi Waduk Kedung Ombo yang berada tak jauh dari Pacuan Kuda Ki Ageng Serang di Desa Ngargotirto, Sumberlawang.

“Program penanaman pohon ini mendukung kebijakan pemerintah terkait ketahanan pangan. Covid 19 telah berdampak pada masyarakat. Pasukan TNI dan Polri itu sangat banyak, nanti kami kerahkan untuk menanam pohon. Sayang apabila itu tidak dimanfaatkan,” ucap Kapolda Jateng Irjen. Pol. Ahmad Luthfi.

Irjen Ahmad Luthfi merasa yakin pengoptimalan potensi pertanian akan menambah pendapatan daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Menurutnya, program penanaman pohon buah itu penting  digelorakan ke seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat diharapkan turut berperan di dalam pengembangan tanaman buah di wilayahnya.

Sementara itu, Asisten Perhutani Wilayah Tangen dan Jenar, Suprayogo, mengatakan lahan seluas 19,6 ha disiapkan untuk program penanaman pohon sesi pertama. Ke-19,6 ha itu terdiri atas 9,4 ha di RPH Banyuurip dan 10,2 di RPH Jenar. Tanaman buah itu akan ditanam dengan jarak tanam 6 x 6 meter. Satu ha lahan setidaknya butuh 238 bibit pohon.

“Dikasih jarak tanam 6 x 6 meter supaya petani (penyewa lahan) masih dapat menanam jagung dan dapat panen seperti biasa. Dengan jarak tanam 6 x 6 meter, maka pertumbuhan tanaman jagung tidak akan terganggu,” papar Suprayogo.

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda