TNI Polri Se Solo Raya Gelar Latihan Gabungan di Gunung Kendil dan Tawangmangu

TNI Polri Se Solo Raya Gelar Latihan Gabungan di Gunung Kendil dan Tawangmangu

Jumat, 8 Januari 2021 08:01 WIB Publikasi Penrem074/Wrt

Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar mengikuti Latihan Gabungan TNI Polri Se Solo Raya. Latihan gabungan ini dilaksanakan di Mako Brimob Gunung Kendil, Kabupaten Boyolali, dan Lapangan Blumbang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Kamis (7/1/2021).

Selain menggelar latihan gabungan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan patroli berskala besar di wilayah Solo Raya. Kegiatan tersebut dibuka langsung Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono.

Kapolda menegaskan, pelatihan Gabungan tersebut dimaksud untuk membekali Kemampuan dan Keterampilan pada Personil TNI/Polri guna merespons situasi kamtibmas khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Personel dilatih keterampilan bela diri kemampuan menembak dengan tehnik-tehnik, prosedur menghadapi massa, patroli gabungan skala besar sampai di gondosuli tawamangu, dan demonstrasi penyergapan dan penghancuran instalasi lawan.

“Materi lainnya terkait degan latihan penghancuran instalasi, pembebasan sandera yang terkait dengan aksi terorisme. Berikut juga latihan menembak, meskipun anggota sudah terlatih dan sudah siap tanpa harus diminta berlatih, kita sudah terlatih,” ucap Kapolda Jateng.

Pelaksanaan latihan ini, lanjutnya sebagai show of force pada masyarakat bahwa sinergitas TNI/Polri sangat kokoh dalam menjaga keamanan dan gangguan-gangguan dari kelompok tertentu yang akan membuat keresahan di masyarakat.

“Sinergitas TNI/Polri bagai dua sisi mata uang yang tidak bisa dipindahkan sebagai garda terdepan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Kapolda berharap dengan latihan gabungan ini personel akan memiliki kemampuan lebih, mental kuat, disiplin tinggi, percaya diri, soliditas dan solidaritas yang semakin mantap serta peningkatan profesionalitas dan proporsionalitas yang memadai.

“Latihan ini bagi saudara sangat istimewa, karena merupakan latihan lintas kemampuan diluar kemampuan yang sudah saudara miliki,” kata Irjen Pol Ahmad Luthfi .

Tak hanya itu, latihan ini ditujukan untuk menciptakan anggota yang terlatih yang siap digerakkan kapanpun, dimanapun dan dalam situasi apa pun. Nantinya latihan ini akan digelar sesuai dengan Protokol Kesehatan.

 

 

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda