Sigap Dan Cekatan, Koramil Prambanan Bantu Evakuasi Bencana Angin Putting Beliung

Sigap Dan Cekatan, Koramil Prambanan Bantu Evakuasi Bencana Angin Putting Beliung

Kamis, 4 Februari 2021 09:41 WIB Publikasi Pendim0723/Klt

Sekitar pukul 14.00 wib, pada hari rabu tanggal 03 Februari 2021 telah terjadi hujan dengan intensitas lebat di sertai angin puting beliung yang menerjang di wilayah Desa Joho Kecamatan Prambanan.

Mendapat laporan tersebut, Danramil 09/Prambanan Kodim 0723/Klaten Kapten Inf Basuki memimpin langsung beberapa anggotanya untuk meninjau dan membantu di lokasi bencana tersebut.

Setibanya di lokasi bencana Kapten Inf Basuki langsung berkoordinasi dengan Camat Prambanan serta unsur instansi terkait di antaranya Polsek,Perangkat Desa Joho,Komunitas atau relawan yang sudah ada di tempat tersebut.

Dari kejadian Hujan Serta angin puting beliung mengalami kerugian personil di antaranya Ibu Parno welas (60 th) dk. Bangsan Rt 14/05 Ds. Joho kec. Prambanan, mengalami luka ringan di bagian kepala, Purwanto (40 th) mengalami patah tulang pada pangkal paha (pinggang) akibat tertimpa pohon, Dk. Padan Jobo Rt. 06/02 Ds. Joho kec. Prambanan. Korban dengan cepat sudah di bawa ke rumah sakit dan balai pengobatan terdekat.

Sedangkan kerugian materiil ada sekitar 10 rumah mengalami kerusakan di bagian atap,akibat tertimpa pohon yang tumbang dan beberapa kios dan bangunan pasar tradisional yaitu pasar Sampahan yang terletak tidak jauh dari pemukiman warga ikut terkena.

Dampak dari angin puting beliung tersebut yang di karenakan pasar tradisional tersebut merupakan bangunan tidak permanen,mayoritas terbuat dari bambu dengan atap seng, sehingga berpeluang roboh jika terjadi hujan besar di sertai angin puting beliung,yang di taksir seluruh kerugian bisa mencapai sekitar puluhan hingga ratusan juta.

Kapten Inf Basuki mengatakan bahwa sebagai aparat kewilayahan kita harus selalu siap sedia bergerak sewaktu-waktu apabila di butuhkan untuk membantu masyarakat seperti halnya pengkondisian Bencana alam angin puting beliung saat ini.

Dari kejadian ini Sutrisno mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu, khususnya anggota Koramil 09/Prambanan yang dengan cepat, cekatan dan penuh semangat membantu saya dan warga yang terkena musibah ini.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda