Korem 074/Warastratama Gandeng Universitas Sebelas Maret Menggelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Bagi Mahasiswa

Korem 074/Warastratama Gandeng Universitas Sebelas Maret Menggelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Bagi Mahasiswa

Senin, 5 Juli 2021 08:13 WIB Tak Berkategori Penrem074/Wrt
Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Deddy Suryadi meninjau langsung pelaksanaan serbuan vaksinasi di gedung Auditorium FK UNS, Sabtu (03/07/2021).
“Saya berharap pencapaian ini akan terus meningkatkan jumlah masyarakat yang divaksin, sehingga masyarakat terhindar dari paparan Covid-19,” kata Danrem.
Vaksinasi tahap kedua kerja sama antara Korem 074/Warastratama dengan UNS ini diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Pertanian (FP), dan Fakultas Keolahragaan (FKOR).
Sebelumnya para mahasiswa telah mendaftarkan diri sebagai peserta vaksinasi Covid-19 melalui wakil dekan di masing-masing fakultas.  Mereka membawa sejumlah berkas seperti fotokopi KTP, kartu mahasiswa, lembar vaksinasi, dan lembar skrining kesehatan.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus menyampaikan bahwa vaksinasi ini merupakan tahap lanjutan dari vaksinasi tahap pertama yang telah diberikan kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) pada Kamis (1/7/2021) lalu.
Pada kesempatan yang sama, Dekan FK UNS, Prof. Reviono menerangkan, ratusan mahasiswa FK UNS dikerahkan untuk melakukan skrining dan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada hari ini.

“Mahasiswa yang dikerahkan bekerja di bawah pendampingan dokter dari pihak Korem 074/Warastratama,” lanjutnya.

Pihaknya memberikan transfer skills, yaitu bagaimana membuat kegiatan vaksinasi mulai dari skrining, menyuntik obat vaksin, termasuk menentukan dosis, dan cara injeksi vaksinnya sampai ketika memantau nanti setelah divaksin.
Ia menambahkan, pada vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini, FK UNS mengikuti standar yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, seperti dengan mempersiapkan meja skrining, memantau proses vaksinasi, hingga penanganan apabila terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Jadi, kedepan kalau sudah divaksin semua insyaallah akan punya imunitas dan kami siap dengan kegiatan pembelajaran tatap muka tentunya dengan Prokes yang ketat,” pungkas Prov. Reviono.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda