Danrem Surakarta Hadiri Groundbreaking Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Palang Joglo

Danrem Surakarta Hadiri Groundbreaking Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Palang Joglo

Minggu, 9 Januari 2022 15:04 WIB Tak Berkategori
Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rudy Saladin, M.A., menghadiri groundbreaking pembangunan rel layang di Palang Joglo, Banjarsari, Surakarta, Sabtu (08/01/2022).
Acara groundbreaking ditandai dengan penekanan sirene oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumedi  bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mewakili Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Menhub menjelaskan perlintasan KA di Simpang Joglo ini menjadi penyebab kemacetan dan kepadatan.
“Dari survey yang telah dilakukan kerjasama antara UNS dan UGM memang jadi keharusan untuk kita lakukan rekayasa konstruksi agar kemacetan itu terurai. Daerah ini macetnya luar biasa maka timbul ide membuat  Elevated Art Bridge Composite,” kata Menhub.
Budi karya meyakini rel layang Simpang Joglo bisa mengurai persoalan baik dari sisi headway kereta api ataupun transportasi darat. Ia menjelaskan intensitas lalu lintas kereta api atau selang waktu di jalur ini sekitar 30 menit, namun dipandang menghambat perjalanan.
“Kita kerjakan ini apalagi waktu headway tadi akan ditingkatkan. Jalur ini menghubungkan dari Surabaya ke Yogyakarta terus ke Jakarta,” ungkapnya.
Sementara itu, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyampaikan bahwa Pemerintah Solo telah melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan masyarakat sekitar termasuk dampak yang mungkin timbul akibat dari pembangunan elevated rel ini.
“Saya berharap groundbreaking dapat berjalan dengan lancar dan pada akhirnya elevated rel menjadi ikon baru Kota Surakarta,” ujarnya.
“Terima kasih Bapak/Ibu atas dukungan yang diberikan, saya yakin ketika nanti pembangunan rel ini selesai kemacetan dan kepadatan lalu lintas sekitar bisa terurai serta mengangkat kegiatan ekonomi yang ada di Kadipiro, Gilingan, Nusukan, Banjarsari dan semua warga sekitarnya,” lanjut Gibran.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda