Danrem 074/Warastratama Pantau Langsung Pembersihan Kandang Ternak Di Wilayah Sragen

Danrem 074/Warastratama Pantau Langsung Pembersihan Kandang Ternak Di Wilayah Sragen

Kamis, 9 Juni 2022 17:04 WIB Tak Berkategori Penrem 074/Wrt
Penyakit mulut dan kuku (PMK) saat ini tengah mewabah di Indonesia. Penyakit ini banyak menyerang hewan ternak dari mulai sapi, kerbau hingga domba atau kambing dan tergolong penyakit akut yang penyebarannya melalui infeksi virus dan mudah menular. Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit hewan menular yang paling penting dan paling ditakuti oleh semua negara di dunia.
Penyakit ini dapat menyebar dengan sangat cepat dan mampu melampaui batas negara serta dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi. Untuk kerugian ekonomi berupa kematian ternak dan tingginya angka kesakitan, adanya hambatan perdagangan, terganggunya industri turisme, operasional pemberantasan penyakit, serta gangguan terhadap aspek sosial budaya dan keresahan masyarakat.
Guna mencegah merebaknya penyakit tersebut Kodim 0725/Sragen bersama Pemerintah Kabupaten Sragen dalam hal ini Dinas Peternakan Sragen menggelar pembersihan kandang ternak yang ada di wilayah Koramil di 20 kecamatan. Bahkan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin, S.E dengan didampingi Dandim Sragen melaksanakan pemantauan langsung dilokasi pembersihan yang dipusatkan di Desa Tenggak Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen, Kamis (09/06/2022).
Menurut Danrem, kejadian wabah seperti ini adalah tanggung jawab bersama antara Pemerintah, TNI dan Polri untuk mengatasinya, dengan bersinergi segala permasalahan pasti selesai.
”Saya akan perintahkan kepada Babinsa di jajaran Korem 074/Warastratama untuk selalu mendukung dan membantu Pemerintah dalam mendampingi para peternak untuk menghadapi wabah penyakit kuku dan mulut tersebut,” ungkapnya.
Sementara itu, Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno, S.I.P mengatakan bahwa tujuan memerintahkan anggotanya untuk membantu pembersihan kandang sapi di wilayah Koramil masing masing adalah guna mencegah meluasnya wabah PMK pada sapi di wilayah Kabupaten Sragen.
Ketua kelompok ternak sapi Eko upoyo, Bpk Supoyo mengaku senang dibantu oleh pihak kodim dan dinas peternakan.
“Saya berterima kasih kepada Kodim dan Dinas Peternakan yang telah membantu mendampingi kami dalam menjaga kesehatan ternak kami, jujur penyakit PMK ini menghantui kami para peternak sapi di Desa Tenggak, kami minta di bantu untuk memberikan penyuluhan bagaimana cara menghindari maupun mengobati ternak kami apabila terjadi gejala PMK,” jelasnya.
Supoyo berharap penyakit ini segera hilang agar kehidupan para peternak terutama Desa Tenggak tetap bisa berlangsung.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda