Cegah Banjir, Korem 074/Warastratama Tanam Pohon Eucalyptus

Cegah Banjir, Korem 074/Warastratama Tanam Pohon Eucalyptus

Selasa, 21 Juni 2022 14:06 WIB Tak Berkategori Penrem074/Wrt

Terjadinya bencana alam di Negara Kesatuan Republik Indonesia baik berupa banjir, tanah longsor maupun angin puting beliung merupakan bencana yang disebabkan oleh faktor alam, yaitu pada umumnya dikarenakan datangnya musim penghujan.

Akan tetapi hal ini dapat dicegah dengan dilaksanakannya penghijauan pada tempat-tempat yang tidak produktif, lahan-lahan kritis, lereng-lereng gunung didaerah bantaran sungai dan sebagainya guna mengurangi dampak negatif akibat turunnya hujan yang dapat menimbulkan bencana alam berupa tanah longsor maupun banjir.

Terkait hal tersebut, maka Korem 074/Warastratama menggandeng Dinas Lingkungan Hidup  melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon Eucalyptus secara serentak di sepanjang daerah yang di aliri Sungai Bengawan Solo meliputi 4 Kabupaten (Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar dan Sragen) serta 1 Kota Surakarta.

Dan pada hari ini, bertempat di Bantaran Sungai Bengawan Solo Pucang Sawit Surakarta Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin, S.E., M. Han memimpin aksi penanaman pohon tersebut, Selasa (21/06/2022).

Danrem menyampaikan penanaman pohon eucalyptus tersebut sebagai wujud kepedulian Korem 074/Warastratama terhadap ekosistem lingkungan.

“Ini semua berawal dari saya menjabat Danrem 074/Warastratama, melihat sungai Bengawan Solo yang merupakan salah satu  sumber penghidupan bagi warga Solo, sehingga saya berinisiatif untuk melestarikannya dengan cara menanami pohon kayu putih,” kata Danrem.

“Penanaman pohon eucalyptus ini  juga merupakan upaya untuk melindungi daerah aliran sungai Bengawan Solo dari Banjir dan tanah longsor,” imbuh Kolonel Inf Achiruddin.

Menurut Danrem, beribu ribu bibit pohon Eucalyptus telah didatangkan untuk ditanam di sepanjang Bantaran Sungai Bengawan Solo ini.

“Setelah pohon ditanam diharapkan dapat dipelihara agar bisa tumbuh baik untuk masa depan anak cucu. Karena bertumbuhnya pohon bukan hanya menahan banjir dan longsor akan tetapi bisa menjadi sumber kehidupan dengan memberikan oksigen kepada manusia,” pungkas Danrem.

 

 

 

 

 

 

 

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda