Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 0725/Sragen Tanam Jagung

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 0725/Sragen Tanam Jagung

Kamis, 4 Agustus 2022 08:43 WIB Tak Berkategori Pendim 0725/Srg
Setelah melaksanakan penanaman padi MT III di lahan demplot seluas 3200 M persegi di Dk. Cengklik Ds. Wonotolo Kec. Gondang pada 19/07/2022, kali ini Kodim 0725/Sragen melaksanakan penanaman jagung di lahan demplot Ketahanan Pangan di Dk. Pilnagsari RT 06 Ds. Tegalrejo Kec. Gondang seluas 1000 M persegi milik  Kades Wonotolo Mukhlisin. Kegiatan ini guna mendukung dan mewujudkan ketahanan pangan nasional dengan bekerjasama dengan IPNU Kec. Gondang, Banser dan Ansor serta masyarakat dan Kodim 0725/Sragen yang menyiapkan bibit dan pupuk serta proses sampai panen dan hasilnya nanti untuk dimanfaatkan oleh warga masyarakat,  Rabu (03/08/2022).
Tanah demplot tersebut di kelola oleh Kodim Sragen karena lahan tersebut tidak terpakai alias lahan tidur. Untuk Jenis jagung yang ditanam adalah Jagung Hibrida B-89 karena jenis jagung ini mempunyai keunggulan panen lebih cepat dan lebih tahan terhadap penyakit bulai, sehingga hasil panen lebih terjamin.
Pembangunan demplot pertanian untuk ketahanan pangan merupakan program dari Satuan Komando atas yaitu Mabes TNI AD, di mana satuan Komando Teritorial diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan penyelenggaraan pembinaan ketahanan pangan.
Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah Daerah untuk pencapaian pemenuhan hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara.
Kegiatan dihadiri Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P., Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Sragen KH. Sriyanto, Camat Gondang Riyadi Guntur Rilo Subroto, S.Sos, Danramil 06/Gondang Kapten Cpm Sayana, Wakapolsek Gondang Iptu Santosa, Ketua PAC Ansor Kec. Gondang Ceefryan Saputra, Kepala Desa Tegalrejo Joko Prasetyo beserta Perangkat, Kepala Desa Wonotolo Mukhlisin, Perwakilan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Salatiga,  Anggota IPNU Kec. Gondang, Koordinator PPL Kec. Gondang Ibu Diyah dan Ibu Titik, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Anggota Banser.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda