Bantu Cukupi Kebutuhan Air Bersih Warga, Kodim 0728/Wonogiri Laksanakan Pengeboran Sumur Di Kecamatan Giritontro

Bantu Cukupi Kebutuhan Air Bersih Warga, Kodim 0728/Wonogiri Laksanakan Pengeboran Sumur Di Kecamatan Giritontro

Kamis, 15 September 2022 13:20 WIB Tak Berkategori Pendim 0728/Wng

Untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, TNI-AD melalui Kodim 0728/Wonogiri memulai pengeboran sumur yang berada di Dusun Selur, Desa Ngargoharjo, Kecamatan Giritontro, Kamis (15/9/2022).

Dalam pengeboran sumur tersebut dihadiri oleh, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Deni Oktavianto, Anggota DPRD Nuryanto, Forkopimcam Giritontro dan Mahasiswa KKN UNY.

“Ini adalah program TNI-AD sebagai salah satu upaya untuk membantu kesulitan rakyat, dengan membantu mendukung tersedianya air bersih,” ucap Dandim saat meninjau pengeboran sumur tersebut.

Dandim menambahkan, sebelumnya telah dilaksanakan survey dengan mengunakan peralatan yang disebut geolistrik, yang sebelumnya juga digunakan di beberapa tempat di kabupaten yang lain, di seluruh wilayah Jawa Tengah dan alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik dan sukses, setelah ditemukan sumber air yang cukup baru dimulai untuk kegiatan pengeboran sumur, seperti yang saat ini dilaksanakan.

“ Dengan adanya pengeboran sumur yang dilaksanakan, kita berharap kebutuhan air bersih warga masyarakat khususnya di Dusun Selur, Desa Ngargoharjo, dapat terpenuhi. Untuk saat ini yang kita prioritaskan adalah terpenuhinya kebutuhan air pada skala rumah tangga dan tidak menutup kemungkinan, apabila debit air mencukupi maka dapat juga digunakan untuk mengairi tanaman pertanian yang ada disekitarnya, tentunya dengan pengaturan-pengaturan yang efektif,“ imbuhnya.

Letkol Inf Deny berharap, apabila nanti proses pembuatan sumur bor ini berhasil, tentunya akan digunakan dengan jangka waktu yang sangat lama, untuk itu sangat dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan warga masyarakat, dalam perawatan dan penjagaan sumur tersebut.

“ Kiranya pembuatan sumur bor ini nantinya dapat memberikan kontribusi positif, bagi upaya Pemkab dalam menghadirkan layanan air bersih. Sehingga dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat. Hadirnya sarana fisik air bersih, akan semakin mengurangi jumlah warga terdampak kekurangan air bersih,“ tutup Dandim.

Sementara itu Camat Giritontro mengucapkan terima kasih atas apa yang dilakukan oleh TNI AD melalui Kodim Wonogiri bagi warga masyarakatnya dan berharap kegiatan pengeboran sumur dapat berjalan dengan lancar dan sukses sehingga hasilnya nanti dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat sekitar.

Komando Resort Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. dibentuk 25 April 1965. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Korem ini bermarkas di Surakarta.

Artikel Terkait

Berikan Tanggapan Anda